Pantangan Makanan Penderita Batu Ginjal

Pantangan Makanan Penderita Batu Ginjal – batu ginjal adalah salah satu masalah ginjal yang bisa membuat seseorang mengalami gejala nyeri parah, biasanya di sisi perut, yang sering disertai dengan mual.

penyakit batu ginjal memang cukup berbahaya, terutama jika ia tidak secepatnya diobati dengan penanganan yang tepat.

selain itu, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya harus dihindari oleh penderita batu ginjal.

Pantangan Makanan Penderita Batu Ginjal

pantangan-makanan-bagi-penderita-batu-ginjal.png

Konsumsi karbon dan minuman manis

Semua jenis minuman yang mengandung pemanis, gula dan minuman ringan harus dihindari oleh pasien batu ginjal. Minuman manis adalah tabu untuk batu ginjal karena mereka dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Selain itu, minuman ringan mengandung kadar kalsium, asam oksalat, kreatinin, dan natrium yang tinggi. Kombinasi zat-zat ini dapat meningkatkan risiko gagal ginjal.

Makanan mengandung natrium dan natrium

Makanan yang mengandung sodium (garam) dan sodium adalah jenis makanan yang harus dihindari oleh batu ginjal. Sejumlah makanan yang mengandung senyawa ini dapat meningkatkan kadar asam oksalat dalam tubuh sehingga mempengaruhi kondisi batu ginjal.

Makanan laut

Dokter menyarankan orang dengan batu ginjal untuk menghindari makan makanan laut karena jenis makanan ini adalah purin tinggi. Ketika kadar purin meningkat di dalam tubuh, produksi asam urat juga meningkat dan menyebabkan batu ginjal.

Sodium atau garam

Penderita batu ginjal disarankan mengonsumsi hanya 2.500 mg garam per hari. Ini terjadi karena natrium yang tinggi dapat memperburuk batu ginjal.

Cokelat

Jika Anda memiliki batu ginjal, cobalah untuk mengurangi konsumsi cokelat, yang berdampak negatif pada penyakit.

Teh

Teh dapat menjadi ancaman bagi mereka yang menderita batu ginjal karena dapat memperberat penyakit.

Selain makanan di atas, beberapa contoh makanan lain, seperti kacang polong, jambu biji, kacang tanah, atau ubi jalar, mengandung sejumlah besar oksalat yang harus mengkonsumsi batu ginjal dalam jumlah yang wajar.

Konsumsi tomat

Tomat yang mengandung asam oksalat dapat menyebabkan peningkatan kadar kalsium dalam tubuh. Makanan yang mengandung kalsium kemudian tidak digunakan oleh tubuh, akan sangat rentan terhadap pembentukan batu ginjal. Semua jenis produk yang mengandung tomat dan berasal dari tomat mengatakan sebaliknya.

Konsumsi sayuran berdaun gelap

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kacang panjang dan sayuran lainnya mengandung banyak asam oksalat. Kadar asam oksalat yang sangat tinggi dapat menyebabkan akumulasi kalsium dalam tubuh sangat berbahaya bagi pasien dengan batu ginjal.

Konsumsi kedelai dan kacang-kacangan

Kedelai dan semua jenis kacang dapat menghasilkan asam oksalat yang cukup tinggi dalam tubuh. Makanan yang mengandung asam oksalat tinggi dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal menjadi lebih parah. Asam oksalat sangat berbahaya karena dapat mengikat kalsium dan menyebabkan batu ginjal menjadi lebih parah. Tetapi masih memungkinkan sumber makanan kedelai yang difermentasi dalam jumlah sedikit. baca juga: Obat Batu Ginjal paling ampuh

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s